Senin, 07 Mei 2012

Manfaat Masalah



Memangnya masalah bisa ngasih manfaat? Bagi kalian yang menganggap masalah sebagai musuh bebuyutan pasti tidak melihat manfaat sebagai sesuatu yang bermanfaat. Nah dipostingan kali ini gue akan bikin postingan yang agak serius dengan maksud mengajak kalian berpikir positif sehingga ada 'sesuatu' yang dapat diambil dalam MASALAH tersebut.
Kenapa gue bisa berpikir seperti ini? Ini karena mama gue yang selalu overprotektif sama gue, predikat anak mami pun gue sandang sampai sekarang. Yihaaa! Yups karena pola pikir beliau tersebut gue jadi sering membaca buku-buku motivasi yang mengajarkan tentang indahnya berpikir positif. Dan akibatnya setiap ada masalah sekarang gue cuma bisa senyam-senyum sendiri. "Kenapa gak loe kasih pinjam buku itu ke nyokap lo dit?". Sudah, tapi beliau menolak membaca dan setelah gue pikir gak ada salahnya, mungkin itu salah satu bentuk perhatian beliau terhadap saya. Tanpa sadar kalian barusan membaca contoh dari pikiran positif gue terhadap menyikapi suatu masalah. Berikut adalah manfaat lain dari masalah versi gue:

1. Dewasa *kibas poni*
"Menjadi tua itu pasti, tapi menjadi dewasa itu pilihan". Mungkin kalian udah ga asing tentang quotes tersebut. Nah "masalah" disini berfungsi sebagai kasalitator kehidupan, dimana masalah tersebut memberikan pembelajaran langsung terhadap pemeran utama dalam drama kehidupan atau bahasa pendeknya KITA. Masalah bisa menjadi tolak ukur kita dalam melatih pengendalian diri. Seperti yang pernah saya dengar dari om Mario Teguh dalam suatu acaranya, beliau menyebut: "Dewasa itu sebenarnya tidak ada, yang ada hanyalah bagaimana kita mengendalikan diri". Pernyataan tersebut sebenarnya masuk akal, mengingat masih seringnya gue liat banyak orang yang meluapkan emosinya secara berlebihan walaupun umur mereka sudah menginjak 25 tahun keatas.



2. Melatih Keberanian *asah pedang*
"Masalah itu harus dilewati, bukan dihindari". Quotes barusan juga sering kita dengar diberbagai kesempatan saat kita menghadapi suatu masalah. Memang tidak semudah mengucapkannya, karena ketemu masalah saja bisa membuat kita spot jantung. Tenang...Tarik nafas dalam-dalam...Tahan sampe 30 jam. Masalah pun berakhir. Iya sekaligus mengakhiri hidup loe sih. Tapi percaya deh itu bukan jalan terbaik dalam mengakhiri suatu masalah. Jadi untuk menghadapi masalah loe harus punya keberanian. loe anggap aja diri loe seperti seorang Sutradara, Keberanian itu Superhero dan Masalah itu sebagai Monster jahat. Karena loe sutradaranya loe bebas mengarang ending cerita. Dan ingat seorang superhero pasti menang di ending cerita. Dramatis parah.



3. Dapat Hikmah. Horeee!!
"Setiap masalah pasti ada hikmahnya". Lagi-lagi quotes basi tapi super banget yang sering loe denger yang akan menemani langkah loe dalam menghadapi masalah. Yup, dibalik suatu kejadian memang selalu ada hikmah atau pembelajaran super manfaat yang bisa loe ambil. Klo loe fokus di masalah itu, loe bakal tenggelam dalam palung kegalauan yang bikin loe gak berkutik (kecuali loe pake kapal selam dan alat-alat canggih). Ingat para peneliti bawah laut juga pake kapal selam dan alat-alat canggih untuk menghadapi tekanan air laut yang siap menghancurkan tubuhnya hanya untuk kepentingan orang banyak dan ketika dia berhasil naik ke darat dia membawa sejumlah hasil temuannya yang bisa memberikan manfaat kepada orang banyak. Jadi klo loe lagi tenggelam di palung kegalauan masalah, loe tinggal pake logika dan akal sehat loe sebagai kapal selam dan alat-alat canggih yang bisa menghindarkan loe dari tekanan air laut atau disini berperan sebagai gunjingan dari orang lain dan saat kamu berhasil kembali ke darat, loe bisa memamerkan temuan loe kepada orang banyak. Dengan kata lain ketika loe berhasil menghadapi suatu masalah, temuan yang loe dapat bisa membawa manfaat yang berguna untuk orang banyak kelak.



Masih banyak lagi quotes-quotes yang sebenarnya bisa diambil seperti: badai pasti berlalu, habis gelap terbitlah terang, anjing menggonggong maling kapilah berlalu. Nah itu sedikit wejangan buat loe klo lagi berada dalam masalah, saat gue senyam-senyum menghadapi masalah, bukan berarti gue gak parno. tapi gue selalu ingat kalimat ini "semua pasti berlalu" -Ajahn Brahm. Saat kamu menghadapi masalah besar apapun itu selalu ingat "semua pasti berlalu" dan saat kamu menghadapi suatu kebahagiaan besar pun ingat "semua pasti berlalu".
"Masalah itu terlihat menyeramkan hanya pada saat kita menghadapinya. Tapi pada akhirnya masalah hanya akan menjadi bagian cerita di masa depan". #QuotesLepasGue
klo loe ada #TipsLepas seputar menghadapi masalah suarakan pendapatmu dicomentbox yah, c u to the next post >:) #SalamGanteng

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...